Fakta Daftar CPNS 2021, Netizen Bingung Soal Swafoto

Okezone
 Okezone - Fri, 09 Jul 2021 22:30
 Dilihat: 66
Fakta Daftar CPNS 2021, Netizen Bingung Soal Swafoto

JAKARTA - Netizen bingung persoalan swafoto pada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS ). Salah satunya ada yang salah dalam mengunggah foto. Hal ini menjadi kekhawatiran para calon CPNS dalam pendaftaran.

Pertanyaan tersebut diungkapkan pada laman media sosial Instagram @wira_sitepu yang ditujukan pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui kolom komentar.

"Min, itu foto yang diupload, foto selfie atau pas foto ya? Bingung," tulis akun @wira_sitepu yang dikutip MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Seleksi CPNS 2021, Ini Ketentuan Wajib Pelamar PPPK Guru

Okezone pun merangkum fakta daftar CPNS 2021, netizen bingung soal swafoto, Sabtu (10/7/2021):

1. Keterangan Resmi BKN

Dalam keterangan resmi BKN melalui live Instagram pada akun resmi @bkngoidofficial, PIC SSCASN BKN, Audit mengatakan swafoto pelamar akan ditampilkan di halaman depan sehingga jika pelamar ingin menggunakan foto selfie pada swafoto diperbolehkan.

"Kalau diswafoto itu background warna apapun bebas. Mau selfie pun boleh. Tapi untuk foto di halaman instansi menggunakan foto formal. Karena itu nanti yang akan jadi kartu peserta," ujarnya dalam diskusi live Instagram pada akun @bkngoidofficial.

2. Swafoto yang Sudah Terlanjir Gunakan Pas Foto

Namun, kata Audit, terkait swafoto diawal pendaftaran akun ada pelamar yang sudah terlanjur menggunakan pas foto dengan latar belakang berwarna merah ataupun biru, hal tersebut tidak menjadi suatu persoalan.

Baca Juga: Beda dengan PNS, PPPK Bisa Dikontrak hingga 5 Tahun

"Perihal swafoto tidak menjadi masalah, yang penting wajah pelamar terlihat jelas karena foto tersebut akan dijadikan backup data untuk face recognition peserta," tutur dia.

Sumber: Okezone

  
Most Viewed
Terpopuler