Heboh! Penggali Kubur Temukan Harta Karun Kerajaan Lama, Berat Cincin Emasnya Fantastis

Okezone
 Okezone - Fri, 17 Sep 2021 11:23
 Dilihat: 550
Heboh! Penggali Kubur Temukan Harta Karun Kerajaan Lama, Berat Cincin Emasnya Fantastis

BIMA - Warga Kota Bima dihebohkan dengan penemuan harta karun berupa cincin emas, cincin perak, gelang dan anting emas oleh tiga penggali kubur, Ibrahim, Ramli, dan Robi Mas'ud. Mereka menemukan benda itu saat menggali kubur kisaran kedalaman 2 meter.

Kepala Seksi Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bima Munawar mengatakan, penemuan itu cukup menghebohkan.

Pihaknya langsung turun untuk menginvestigasi temuan masyarakat itu. Ibrahim salah satu penemu benda purbakala itu sempat terkejut begitu melihat tengkorak yang di sampingnya ada benda-benda tersebut.

"Awalnya mereka sempat tidak percaya lantaran benda-benda itu bercampur tanah. Setelah diperiksa seksama, baru mereka semringah," ujar Munawar kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, penemuan benda purbakala itu bukan yang pertama kali. Sebelumnya, warga sekitar juga pernah menemukan mata tombak, tusuk konde, dan lainnya. Hanya saja, benda-benda tersebut ada yang dikoleksi sendiri, ada juga yang dijual ke kolektor.

Baca juga: 800 Artefak Curian Ditemukan di Italia, Bernilai Rp189 Miliar

Barang-barang penemuan itu dibagi bertiga. Ibrahim mendapat dua cincin, Ramli memperoleh cincin dan anting, sementara rekannya memperoleh gelang dan anting.

"Kami sudah sampaikan kepada mereka agar jika ingin menjual, ya dijual ke pemerintah. Jangan ke orang lain," ucapnya.

Benda itu pun sempat diperiksa ke toko perhiasan dan untuk cincinnya saja seberat 25 gram emas. Sementara yang lain belum dipastikan berapa beratnya.

Sumber: Okezone