Ketika Presiden Jokowi Bertanya Ibu Kota Pindah ke Mana? Netizen: Wakanda!

Okezone
 Okezone - Tue, 30 Apr 2019 05:01
 Dilihat: 429
Ketika Presiden Jokowi Bertanya Ibu Kota Pindah ke Mana? Netizen: Wakanda!

SETELAH melakukan rapat terbatas membahas wacana pemindahan ibu kota negara, Presiden Joko Widodo menggunakan instagram pribadinya untuk mengumpulkan saran dari masyarakat Indonesia, khususnya para netizen budiman.

Dalam unggahan terbarunya itu, Jokowi mengatakan, saat ini DKI Jakarta memikul dua beban sekaligus yakni, sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, serta pusat bisnis Indonesia.

"Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?," tulis Jokowi pada keterangan foto.

Pemindahan ibu kota bukan lah perkara mudah, oleh karena itu, Presiden Jokowi melalui akun Instagram pribadinya melakukan jajak pendapat dengan masyarakat Indonesia. "Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?," tanya Jokowi.

Baca Juga: Punya Kekayaan Rp495 Triliun, Inilah Calon Janda Terkaya di Dunia


Pertanyaan orang nomor satu di Indonesia itu pun langsung disambut antusias oleh para netizen. Beberapa di antara mereka setuju jika ibu kota Indonesia dipindahkan ke Pulau Kalimantan.

"Palangkaraya, sesuai ide Presiden Soekarno. Tanah Kalimantan luas dengan kepadatan penduduk relatif rendah dibanding Jawa. Relatif tidak ada ancaman gempa pula," tulis akun @videosejarah

"Kalimantan Pak, tapi jangan rusak alam dan satwa yang ada. Semoga terealisasi di pemerintahan bapak 2 periode," tulis akun @hatimrahmat

"Setuju Kalimantan pak. Wilayah luas, masyarakat tidak padat, dan walau saya bukan pakar geografi, banyak yang bilang risiko bencana di saja minim Insya Allah. Saya benar-benar bangga punya presiden kayak Bapak. Masya Allah, semoga balak selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan dunia akhirat," tulis akun @melatiwiii

Kendati demikian, ada juga netizen yang kontra dengan alternatif pilihan Presiden Joko Widodo. Menurut mereka, lokasi terbaik untuk ibu kota Indonesia berada di dekat Jakarta dan memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Hmm.. benar juga ya Okezoners!

"Pilih daerah yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika, NKRI, toleransi tinggi, dan yang pasti mempermudah pusat pemerintah," tulis akun @bandietii

"Kalau Kalimantan terlalu jauh. Sebaiknya yang mudah dicapai juga dari Jakarta. Sumatera Selatan?," tulis akun @arsitektropis.

Baca Juga: 5 Artis Nyaleg Diprediksi Melenggang Manja ke Senayan, Tetap Bergaya ala Selebriti Gak Ya?

View this post on Instagram

Selamat pagi. DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus: sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu? Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain. Di Indonesia, gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Soekarno, dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang. Kemarin di Kantor Presiden, saya menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju. Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung. Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Apr 29, 2019 at 7:06pm PDT

Terakhir, ada komentar-komentar halu netizen yang turut menghiasi jajak pendapat hari ini.

"Di Wakanda Pak. Wakanda Forever," tulis akun @rizkyoktaviano_

"Terserah bapak deh, yang penting 'dia' gak pindsh ke lain hati," tulis akun @nuzulafn_

"Pindah Bantul aja pak atau Kulon Progo, biar dekat sama rumahku, hehehe," tulis akun @wahyudharma

"Asgard aja pak," tulis Marvel Fanboy @ricky21999

Sumber: Okezone