Paul Pogba Diberitakan Mundur dari Timnas Prancis, Netizen: Pindah Jadi WNI

Okezone
 Okezone - Mon, 26 Oct 2020 05:23
 Dilihat: 83
Paul Pogba Diberitakan Mundur dari Timnas Prancis, Netizen: Pindah Jadi WNI

MANCHESTER - Media asal Inggris, The Sun, menulis bahwa gelandang Manchester United Paul Pogba akan mundur dari Tim Nasional (Timnas) Prancis. Masih menurut The Sun, keputusan itu diambil Pogba karena tak senang dengan ucapan presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang diduga merendahkan agama Islam.

Kabar mundurnya Pogba dari Timnas Prancis mendapat respons dari netizen Indonesia atau biasa disebut +62. Akun @M**oel bahkan meminta Pogba untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

(Pogba saat menjalani ibadah umroh)

"Pindah jadi WNI," tulis akun tersebut mengomentari pemberitaan yang dibuat Okezone terkait wacana mundurnya Pogba dari Timnas Prancis.

Lantas, seberapa mudah bagi Pogba untuk mendapatkan status WNI? Satu hal yang pasti, Pogba mesti melepas kewarganegaraan Prancis jika ingin menjadi WNI, mengingat Indonesia tidak mengenal sistem dwikenegaraan.

Apa saja syarat untuk menjadi WNI? Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, ada empat syarat untuk menjadi WNI. Sebut saja orang asing yang menikah secara sah dengan WNI, orang asing yang berjasa bagi Indonesia, anak yang memiliki kewarganegaraan ganda dan WNI yang sempat kehilangan status WNI-nya, dan ingin mengajukannya kembali.

BACA JUGA: Dikabarkan Mundur dari Timnas Prancis karena Agama, Ini 5 Bukti Pogba Islam yang Taat

Sementara beradasarkan ketentuan Pasal 9 Undang-Undang Kewarganegaaan, ada delapan syarat yang harus dipenuhi. Sebanyak dua di antaranya adalah sehat jasmani rohani, serta tinggal lima tahun di Indonesia berturut-turut, atau 10 tahun tidak berturut-turut.

Sumber: Okezone