Pelajar SMA Tulis Tugas Sekolah Pakai Daun Pisang, Bikin Netizen Terenyuh

Okezone
 Okezone - Sat, 23 Nov 2019 02:25
 Dilihat: 852
Pelajar SMA Tulis Tugas Sekolah Pakai Daun Pisang, Bikin Netizen Terenyuh

Tak hanya Indonesia, sejumlah negara di dunia masih berjuang keras menyediakan akses dan fasilitas pendidikan yang layak bagi warga negaranya. Seperti kisah mengharukan yang datang dari seorang pelajar SMA asal Lianga, Surigao del Sur, Filipina, Erlande O. Monter.

Di saat arus globalisasi dan perkembangan teknologi sudah tidak terbendung lagi, pelajar SMA malang itu menggunakan daun pisang untuk mencatat tugas yang diberikan oleh gurunya.

Dalam unggahan foto dari akun Twitter @rapplerdotcom, Erlande tampak mengerjakan soal di atas selembar daun pisang yang ia bawa dari rumahnya. Hasil pantauan Okezone, kala itu, Erlande tengah mengerjakan soal matematika.

Meski dengan segala keterbatasannya, remaja berusia 16 tahun itu tidak pernah merasa malu dan tetap fokus memperhatikan arahan yang diberikan oleh gurunya.

(Foto: Arcilyn Balbin Azarcon)

Pemandangan ini seolah mengingatkan kita kepada perjuangan para murid di Indonesia yang harus berjuang keras demi mendapatkan pendidikan layak seperti teman-teman sebayanya. Tak terhitung berapa kali kasus murid SD yang harus menyeberangi sungai karena infrastruktur menuju sekolah mereka rusak karena banjir.

Tak sedikit pula di antara mereka yang harus berjalan kaki menempuh jarak puluhan kilometer hanya untuk pergi ke sekolah.

Ditambah lagi, video viral yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan jagat maya.

Dalam video, seorang bocah tampak meminjam tablet di sebuah toko smartphone untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya.

Kejadian seperti ini memang sering terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Filipina, dan masih banyak lagi. Padahal, seiring kemajuan teknologi yang begitu pesar, sudah seharusnya para pelajar turut merasakan privilege tersebut.

Sumber: Okezone