Rapat dengan DPR, Kepala BPIP Dicecar soal Viral "Agama Musuh Pancasila"

Okezone
 Okezone - Tue, 18 Feb 2020 16:03
 Dilihat: 624
Rapat dengan DPR, Kepala BPIP Dicecar soal Viral "Agama Musuh Pancasila"

JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, dicecar pertanyaan mengenai pernyataannya yang viral. Pernyataan dia soal agama adalah musuh terbesar Pancasila jadi cecaran anggota DPR, dalam rapat dengan Komisi II DPR RI.

Seperti Anggota Komisi II dari Fraksi PDIP Johan Budi menyayangkan adanya pernyataanya yang viral itu. Padahal dia baru saja diangkat menjadi Kepala BPIP oleh Presiden Jokowi.

"Kalau pimpinan komisi tadi menyampaikan bahwa bau melatinya masih terasa, gitu ya Pak Pimpinan Komisi, yang saya rasakan bukan bau melati, baru diangkat bau agak busuk sudah menyebar," ujar Johan di ruang rapat Komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Johan mengaku, dirinya ingin mendengar penjelasan utuh dari Yudian mengenai pernyataannya yang viral di publik dan menimbulkan polemik.

"Sebenarnya yang disampaikan Pak Yudian itu apa. Kok sampai ke publik, membuat kuping orang banyak panas Pak. Ya semua agama saya kira panas pak. Musuh pancasila itu menurut saya korupsi, itu musuhnya Pak. Bukan agama di judul itu. Tapi enggak tahu benar enggak itu. Tapi kita perlu mendengar juga apa yang disampaikan Bapak, saya yakin tidak seperti judul singkat itu," jelas Johan.

Baca Juga: Kemenag Gelar Penguatan Moderasi Pemahaman Agama Cegah Radikalisme

Bahkan Johan pun meminta Yudian agar dapat memetik pelejaran dari apa yang sudah terjadi. Meski begitu dia meyakini apa yang terlihat di Media Sosial itu berbeda dengan apa yang disampaikan Yudian.

"Saya yakin bapak menyampaikan lebih detail dibanding dengan judul yang beredar di media, saya yakin itu, apalagi bapak, lama di akademik ya, di dunia kampus dan profesor juga. Saya yakin apa yang disampaikan itu jauh lebih dalam maknanya sebenarnya dibanding dengan satu judul saja," jelas Johan.

Disamping itu, Mantan Jubir KPK tersebut turut menyampaikan pesan kepada Yudian jika tugas Kepala BPIP bukan memberi penjelasan kepada media.

Sumber: Okezone