Sri Mulyani Tanya Usul Pembangunan Ibu Kota Baru, Netizen Malah Curhat Harga Bawang Putih Mahal

Okezone
 Okezone - Sat, 08 Feb 2020 06:05
 Dilihat: 337
Sri Mulyani Tanya Usul Pembangunan Ibu Kota Baru, Netizen Malah Curhat Harga Bawang Putih Mahal

JAKARTA - Pemerintah membentuk tim untuk memfinalisasi masalah penyiapan ibu kota baru. Ketua tim tersebut yakni Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Pembentukan tim khusus tersebut merupakan kesepakatan hasil rapat yang dilakukan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menparekraf Wishnutama Kusubandio, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN RI Sofyan Djalil dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, di Kementerian Keuangan, Jumat 7 Februari 2020.

"Kemarin kami membahas tentang rencana pembangunan Ibu Kota Negara yang baru di kantor saya," tulis Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam akun Instagramnya, Sabtu (8/2/2020).

Baca Juga: Data Proyek Pembangunan Ibu Kota Baru Dikompilasi Bappenas

Ibu Kota Negara (IKN) yang direncanakan berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini terus melakukan upaya pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta.

Guna merealisasikannya, pemerintah Indonesia bahkan tidak segan-segan untuk meminta saran kepada warganya mengenai desain atau rencana pembangunan IKN. Sri Mulyani Indrawati pun demikian, di mana dirinya meminta usul masyarakat soal ibu kota baru tersebut.

"Ada yang punya usul?" tanya Menkeu kepada warganet.

Baca Juga: Erick Thohir hingga Menko Airlangga Kumpul di Kantor Sri Mulyani, Bahas Apa?

Warga maya tentunya tidak menyiayiakan kesempatan ini. Netizen berbondong-bondong berkomentar di unggahan Sri Mulyani.

Sampai saat ini, unggahan Menkeu sudah disukai sebanyak 13.307 kali dan dikomentari sebanyak 207 kali.

Berikut usulan-usulan nyentrik warganet mengenai rencana pembangunan IKN:

"Kerjasama sama perusahaan penerbangan, khusus tujuan ibu kota baru harga tiketnya jgn terlalu mahal..," saran akun @s*lm*f*sh**n1.

"Mohon manajem persampahan di ibukota baru dan di 10 destinasi utama pariwisata Indonesia diperhatikan. Apa sudah ada blue print waste management? Dari hulu ke hilir soal sampah masih belum tuntas mengurai akar masalah," komentar @m*ch*l_y*dh_w*n.

"Yg dikirim adalah Aparat Negara yang Bersih dan tidak Korup, jadi Ibu kota baru juga memiliki budaya kerja yang baru dan menjadi wajah baru Indonesia," tukas @lf*dys*s.

"Dibangun seindah apapun bu, yg penting jgn mengalami banjir spt Jkt saat ini bu itu jauh lbh penting," tulis @r*y_*str*y.

"Dikembangkan sumber enerji ramah lingkungan dan selalu terbaharukan (Tenaga Surya, Tenaga Air, Tenaga Angin, Dan Kombinasi atau Tenaga Alternatif lain selain yang ada sekarang yg tidak bisa diperbaharui) tidak hanya utk wilayah IKN tetapi seluruh wilayah Kalimantan bahkan jangka panjang untuk seluruh wilayah Indonesia bahkan bisa dieksport ke tetangga : Brunei, Malaysia, Singapore," imbuh akun @h*ngky*nt*w*dj*y*.

Sumber: Okezone