4 Objek Wisata Indonesia yang Menyimpan Cerita Cinta Tragis

Mon, 19 Feb 2018 10:00
570
4 Objek Wisata Indonesia yang Menyimpan Cerita Cinta Tragis

MENGUNJUNGI tempat wisata tentu menjadi hal yang mengasyikkan, apalagi tempat tersebut memiliki pemandangan yang asri dan indah. Tapi dibalik keindahan itu semua tersimpan juga cerita dan asal usul tempat tersebut. Salah satunya cerita cinta yang terjadi di beberapa tempat wisata di indonesia.

 

1. Gunung Tangkuban Perahu Bandung, Jawa Barat

 

Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat ini ternyata menyimpan suatu kisah cinta yang berakhir menyedihkan antara ibu dan anak kandungnya. Asal mulanya gunung ini mengisahkan pemuda tampan yang bernama Sangkuriang menikahi Dayang Sumbi nan cantik yang merupakan ibu kandung Sangkuriang. Tapi Sangkuriang tidak tahu bahwa Dayang Sumbi adalah ibu kandungnya, namun Dayang Sumbi mengetahui hal tersebut ketika dia melihat bekas pukulan di kepala Sangkuriang, ketika itu Sumbi memukul kepala Sangkuriang dengan sendok yang menyebabkan luka di bagian kepalanya. Sangkuriang tetap ingin menikahi ibunya tapi Dayang Sumbi memberikan syarat kepada Sangkuriang untuk dibuatkan perahu dalam satu malam, namun ketika Sangkuriang hampir berhasil menyelesaikan perahu tersebut, Dayang melemparkan kain tenun putihnya ke langit dan sesaat setelah itu fajar pun muncul. Sangkuring marah dan menendang perahu yang dibuatnya hingga terbalik. Nah perahu itulah yang menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

 

2. Pantai Karang Nini

 

Pantai ini dinamakan pantai karang nini karena ada salah satu karang yang bentuknya seperti nenek-nenek (nini). Alkisah dahulu ada sepasang kakek nenek yang tinggal di tepi pantai. Pekerjaan kakek setiap harinya yaitu melaut, namun pada suatu hari kakek yang pergi melaut tidak pernah lagi pulang ke rumah, jadi sang istri cemas dan mencari kakek kemana-mana. Tapi pencarian tersebut tidak membuahkan hasil. Kakek tidak ditemukan, yang ditemukan hanya batu karang yang mengambang. Konon itu merupakan perwujudan kakek sebenarnya yang telah lama meninggal. Pantai Karang Nini berada diantara trayek Ciamis Pangandaran, Jawa Barat. Lebih tepatnya di desa Emplak, Kecamatan Kalipucang.

 

3. Makam Jayaprana Dan Layonsari, Bali

 

Jayaprana adalah anak yatim piatu yang diangkat dan dibesarkan oleh penguasa Desa Kalianget. Jayaprana menikahi seorang gadis cantik yang bernama Nyoman Layonsari. Tak disangka ayah angkatnya juga mencintai Layonsari dan untuk dapat menikahi istri Jayaprana, ayahnya membunuh anaknya, namun setelah itu Nyoman Layonsari memilih bunuh diri karena dia tidak mau hidup dengan seseorang kecuali Jayaprana. Tempat wisata ini terletak di Hutan Teluk Terima, Desa Sumbre Klampok Gerokgak, sekitar 67 km dari Kota Singaraja.

 

4. Danau Toba, Sumatera Utara

 

Dibalik danau yang indah ini tersimpan kisah cinta yang menyedihkan antara seorang manusia dan ikan yang menjelma sebagai manusia. Mereka menikah dan dikaruniai seorang anak yang bernama samosir. Setelah agak besar anak itu disuruh mengantarkan bekal untuk bapaknya yang sedang bekerja diladang. Disepanjang perjalanan samosir memakan bekal untuk bapaknya, namun ketika melihat bekalnya yang tinggal sedikit bapak Samosir marah dan mengutuk anaknya dengan mengatakan “anak kurang ajar,  tidak tahu diuntung, betul-betul kau anak keturunan perempuan yang berasal dari ikan!,"

 

Sesaat setelah mendengar itu samosir menangis dan mengatakan pada ibunya. Tak lama setelah itu hujan lebat datang hingga membuat air sungai meluap. Air sungai tersebut tidak berhenti mengalir sehingga terbentuklah danau tersebut. Ditengah danau ada pulau kecil yang diberi nama Samosir.

 

Sumber: Okezone.com

4 Objek Wisata Indonesia yang Menyimpan Cerita Cinta Tragis

Latest Review

Review of Asean International Hotel Medan

Posted by
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Top Reviewer

on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...