Bahannya Sama, Ternyata Ini Perbedaan Teh Tarik, Thai Tea & Milk Tea

Wed, 07 Mar 2018 10:00
669
Bahannya Sama, Ternyata Ini Perbedaan Teh Tarik, Thai Tea & Milk Tea

TEH bisa dikatakan minuman ringan yang cocok bagi kebanyakan perut orang, tidak seperti kopi yang mengandung tinggi kafein sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya. Namun kini tidak lagi tradisional, sudah banyak teh yang diolah dengan kekinian.

 

Saat sedang mengunjungi pusat perbelanjaan, Anda mungkin akan mendapati banyak orang menenteng gelas plastik berisi minuman ringan. Salah satu yang populer kini, yakni minuman berbahan dasar teh. Memiliki warna berbeda, tanpa harus bertanya--Anda bahkan sudah bisa menebak jenis minuman mereka: teh tarik, milk tea, atau Thai tea. Biasanya, Thai tea selalu identik dengan warna oranye; sementara teh tarik warna cokelat. Namun, apakah hanya itu saja?

 

1. Teh Tarik

 

Sebenarnya, teh tarik memiliki cita rasa yang khas, manis dan sedikit pahit. Warnanya cenderung cokelat muda; dengan sekumpulan busa di atasnya.

 

Nah, dari segi bahan, teh tarik merupakan campuran antara teh dan susu. Ketika dicampur, minuman ini akan “ditarik” dengan cara dioper dari satu cangkir ke cangkir lain. Adapun minuman yang mulanya banyak ditemukan di Malaysia, kini juga bisa Anda beli di beberapa toko/kedai Indonesia. Bahkan, yang menjual dalam bentuk kemasan pun ada.

 

2. Thai Tea

 

Rasa manis memang mendominasi minuman asal Negeri Gajah ini. Namun, sebenarnya ada banyak campuran rempah yang digunakan untuk membuat Thai tea. Sebagai bahan dasar, minuman ini menggunakan teh hitam khusus yang hanya tumbuh di Thailand. Barulah, sebagai pelengkap--ditambahkan aneka rempah seperti kapulaga, vanili, daun lawang, susu evaporasi, susu kental manis, krimer, hingga gula.

 

Kendati identik dengan warna oranye, sebetulnya kini pemerintah Thailand sudah melarang penggunaan pewarna dalam makanan. Sebagai dampaknya, bisa jadi--beberapa waktu ke depan Anda memang tidak akan menemukan Thai tea berwarna oranye; melainkan sama dengan teh tarik biasa.

 

3. Milk Tea

 

Anda mungkin berpikir, kalau teh tarik adalah kombinasi dari teh dan susu, apa bedanya dengan milk tea?

 

Dari segi bahan, memang sama. Perbedaan ada pada cara pembuatannya. Jika pada teh tarik; campuran tersebut akan dituang dari satu gelas ke gelas lain--pada milk tea, Anda hanya perlu menyeduh teh lalu ditambahkan susu. Oh ya, beberapa kedai juga menyediakan topping tambahan seperti bubble atau jelly.

 

Sumber: okezone.com

Perbedaan teh tarik, milk tea dan thai tea (Foto Mamaloli)
Teh Tarik ( foto (Qraved)  )
Thai Tea ( Foto Anakjajan )
Milk Tea ( Foto Coconut )

Latest Review

Review of The People's Cafe

Posted by jinpirjin
on 25 Aug 2018
Tempat nongkrong paling hits di Jkt
Hunting kuliner????????Sambil nunggu cewek2 rempong keliling Mall Grand Indonesia, gw dan ...

Top Reviewer

Last reviewed Radisson Medan
on 30 Jun 2018
RADISSON MEDAN
Excellent hotel and serviceI travel regularly to Medan (about 80 days a year) and have sta...

Most Reviewed

ABRACO Bistro & Bar

Last reviewed by Fanny F.
on 22 Jan 2018
Good Food and View Melawai park
Good Food and View Melawai park. try chicken honey togarasi very nice. I recommend this re...