Makanan Sehat dan Hangat untuk Mencegah Flu

Thu, 05 Mar 2020 00:00
218
Makanan Sehat dan Hangat untuk Mencegah Flu

Di musim hujan dan cuaca ekstrim ini pasti akan membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga anda akan lebih mudah untuk terkena flu. Hal ini dikarenakan udara yang lembab sehingga mempercepat penyebaran virus dan bakteri. Oleh karena itu tubuh perlu makanan sehat dan hangat untuk mencegah flu. Berikut adalah rekomendasi makanan yang anda dapat masak sendiri dirumah.


1. Sup Ayam


Sup ayam masih menjadi favorit saat cuaca dingin seperti ini. Sup ayam merupakan salah satu makanan yang lengkap akan nutrisi.

2. Cap Cai


Makanan yang berasal dari china ini mungkin sudah tidak asing lagi. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga termasuk makanan yang bergizi karena dalam satu porsinya terdapat banyak sayuran dan juga dapat ditambahkan protein seperti ayam atau seafood.

3. Soto


Makana berkuah kuning ini memang cocok untuk di santai saat musim hujan seperti ini. Walaupun soto disetiap daerah mempunya ciri khas sendiri, namun bumbu dasar yang digunakan adalah kunyit dan jahe. Makanan yang mengandung jahe memang cocok untuk disantap ketika cuaca sedang hujan.

4. Rawon


Makanan yang identik dengan kuah hitam pekat ini berasal dari Jawa Timur. Kluwek atau pucung ini yang membuat warna kuah menjadi hitam, selain membuat warna menjadi hitam kluwek juga membuat masakan menjadi gurih dan rasanya benar-benar sedap. Cocok dimakan saat cuaca dingin.

5. Mi Godog


Makanan yang menjadi makanan khas Jawa Tengah ini dihidangkan saat masih panas sehingga cocok untuk dimakan saat hujan atau cuaca dingin. Pada dasarnya mi godok ini berarti mi rebus, tetapi yang membedakan mi godok dengan mie pada umumnya adalah penggunaan rempah- rempah sebagai bumbu. Selain rempah-rempah mi godok biasanya disajikan dengan campuran sayur seperti sawi hijau, tomat, dan kol, untuk pelengkap anda dapat menambahkan ayam suwir.


6. Sup Labu


Sup merupakan makanan yang menjadi pilihan terbaik saat musim hujan seperti ini. Labu memang kaya akan vitamin A dan antioksidan seperti litein dan karoten cocok untuk dijadikan sup saat musim hujan. Selain dapat menghangatkan tubuh, sup labu juga dapat membantu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Untuk membuat sup labu lebih lezat, kita dapat menambahkan sedikit kayu manis dan pala. Bagi pencinta rasa pedas, cabai rawit juga cocok untuk ditambahkan ke dalam sup labu yang juga dikenal dengan nama pumpkin soup itu.

7. Ronde


Jajanan tradisional yang satu ini memang cocok dimakan saat cuaca dingin seperti ini. Jajanan sederhana ini berisi bola-bola berwarna yang terbuat dari tepung ketan yang biasanya diiisi gula merah yang di campur dengan kacang tanah, kemudian diberi kuah jahe panas yang manis kemudian di tabuburi kacang tanah. Pas banget buat cuaca dingin seperti ini.

8. Wonton Soup


Wonton atau pangsit terbuat dari daging cincang, udang, telur, tepung, bawang daun, bawang putih, dan bumbu lainnya yang dicampur kemudian dimasukkan ke dalam lembaran adonan pangsit. Nutrisi yang terdapat dalam semangkuk sup wonton jauh lebih banyak daripada hidangan lainnya. Dalam satu porsi sup wonton mengandung lemak, karbohidrat, dan protein dengan total 71 kalori.

9. Bakso


Siapa yang kuat menahan godaan bola-bola daging berkuah satu ini. Kuah yang gurih serta bakso yang kenyal ini lebih lezat dimakan saat panas. Bakso umumnya terbuat dari daging sapi yang merupakan sumber protein dan zat besi. Bakso sapi juga menyediakan mineral, vitamin, dan protein yang diperlukan bagi tubuh. Namun manfaat kesehatan itu didapat jika Anda membuat bakso sendiri dengan menggunakan daging tanpa lemak serta mengonsumsinya dalam porsi normal. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti sawi dan tauge untuk mencukupi kebutuhan serat.

10. Tongseng



Tongseng biasanya menggunakan bahan dasar daging merah, anda dapat menggunakan daging sapi maupun kambing namun jika anda ingin memakai daging ayam juga tak kalah lezat. Ciri khas makanan ini adalah  berkuah santan encer dan berbumbu aneka rempah dengan kecap, diolah dengan sayuran daun kol atau kubis dan tomat.

Makanan Sehat dan Hangat untuk Mencegah Flu

Makanan Sehat dan Hangat untuk Mencegah Flu

Makanan Sehat dan Hangat untuk Mencegah Flu

Makanan Sehat dan Hangat untuk Mencegah Flu

Makanan Sehat dan Hangat untuk Mencegah Flu

Artikel Terbaru

Ulasan Terbaru

Ulasan dari D'Stupid Baker

Dikirim oleh
pada 13 Sep 2019
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak banget
mengapa tutup? sayang sekali. roti dan cakenya enak bangetsangat berharap D' s***** buka l...