Fakta Sesungguhnya di Balik Viral Mobil Presiden Jokowi Bocor Ban

Okezone
 Okezone - Thu, 25 Jan 2024 22:02
 Viewed: 183

KALANGAN Istana menyangkal video viral yang menarasikan mobil dinas Kepresidenan yang membawa Presiden Jokowi bocor di Jalan Grobogan- Blora, Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan bahwa mobil kepresidenan RI yang berhenti di pinggir jalan itu bukan karena bocor ban.

"Saya sudah cek ke Setpres dan Setmil bahwa peristiwa yang terekam di video itu bukan sedang ganti ban mobil Kepresidenan yang disebutkan bocor," kata Ari dalam keterangannya, Kamis 25 Januari 2024.

BACA JUGA:

Loading kaos

Ari mengatakan bahwa pada saat itu, Paspampres sedang mengambil kaos untuk dibagikan oleh Presiden Jokowi kepada masyarakat.

Posisi Paspampres saat direkam oleh pengendara sedang jongkok. Menurut Ari, sikap itu ditunjukkan Paspampres untuk menghormati Iriana Jokowi yang sedang berada di dalam mobil.

"Tapi, anggota Paspampres tengah loading kaos ke mobil lewat pintu sopir. Jongkok karena Ibu Negara posisi di mobil," jelasnya.

Jokowi jalan kaki

Saat mobil Mercedes-Benz S600 Guard (V221) 2008 yang dibekali spesifikasi khusus itu berhenti, Presiden Jokowi turun dan jalan kaki sambil melihat jalan yang baru saja selesai dibangun tersebut.

BACA JUGA:

Ari mengungkapkan bahwa turunnya Presiden Jokowi bukan karena sedang menunggu ban mobilnya diperbaiki, namun sedang mengukur lebar jalan inpres jalan daerah (IJD).

"Saat itu Bapak Presiden sedang turun untuk mengukur lebar jalan IJD bersama Menteri PUPR di sepanjang route Sragen (Gemolong) - Grobogan - Blora," ungkapnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa mobil yang membawa Presiden Jokowi berhenti di Jalan Grobogan- Blora, diduga karena bannya bocor.

Kejadian ini pun viral di media sosial setelah ada warga yang merekam lalu videonya diunggah di media sosial.

Dalam video yang viral terlihat sejumlah personel Paspampres mengamankan area mobil tersebut dan beberapa di antaranya diduga memperbaiki ban.

"Mobil Dinas Presiden RI 1 Bocor Saat Kunker di Grobogan, Netizen: kok bisa," tulis sebuah akun yang turut memviralkan kejadian itu.

Source: Okezone