Heboh Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet, Satgas: Hoaks Hambat Upaya Penanganan Pandemi

Okezone
 Okezone - Fri, 28 May 2021 11:54
 Viewed: 346
Heboh Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet, Satgas: Hoaks Hambat Upaya Penanganan Pandemi

JAKARTA - Media Sosial (medsos) dihebohkan dengan informasi soal vaksin Covid-19 yang disebutkan mengandung magnet. Dalam video itu menunjukkan bahwa logam menempel pada kulit orang yang sudah divaksin.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membantah hal tersebut. "Perlu diketahui bahwa vaksin tidak mengandung magnet," katanya dalam konferensi persnya, Jumat (28/5/2021).

Dia mengatakan bahwa bisa saja koin menempel karena keringat atau hal lain. "Koin bisa saja menempel di kulit karena adanya keringat yang diproduksi secara alami oleh kulit manusia dan gaya gesek lainnya sehingga menimbulkan daya magnet," ujarnya.

Ia pun meminta agar semua pihak sama-sama belajar untuk tidak langsung menyebar berita maupun informasi yang sumbernya tidak kredibel.

Baca juga: Keterisian Rumah Sakit Meningkat 14,2%, Satgas Covid-19: Ini Alarm untuk Kita Semua

"Kesalahan kita dalam menyebarkan informasi yang belum dapat diverifikasi sama saja dengan menyebar berita bohong atau hoax. Dan ini tentunya akan menghambat upaya pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 di Indonesia," pungkasnya.

Baca juga: Klaster Covid-19 Bermunculan Usai Libur Idul Fitri, Masyarakat dan Pemda Diminta Waspada

Source: Okezone