Viral Fenomena Awan Terbelah di Pacitan, BMKG Beri Penjelasan

Okezone
 Okezone - Sun, 08 Aug 2021 02:04
 Viewed: 455
Viral Fenomena Awan Terbelah di Pacitan, BMKG Beri Penjelasan

JAKARTA - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan fenomena awan berbentuk lurus yang tampak seakan membelah langit di langit Pacitan Jawa Timur.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono pun memberikan penjelasan terkait fenomena ini.

BACA JUGA: BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia

"Menyikapi adanya tayangan bentuk awan unik berbentuk lurus di Pacitan dalam salah satu akun Youtube dan sempat viral kemarin maka ada dua dugaan terkait jenis awan tersebut," kata Daryono lewat akun media sosial pribadinya, dikutip Minggu (8/8/2021).

Daryono mengatakan dugaan pertama adalah itu merupakan roll cloud atau awan gulung. "Awan ini termasuk langka tetapi memang beberapa kali terjadi di beberapa tempat," katanya.

"Awan ini karena ada pertemuan dua masa udara dan kelembaban/kandungan uap air yang berbeda, dua hal yang mungkinkan, dipengaruhi oleh pertemuan angin regional dengan angin laut/darat atau terbentuk pada garis front dua masa udara yang berbeda kandungan uap airnya," paparnya.

BACA JUGA: BMKG : Tak Terdeteksi Potensi Badai Tropis di Wilayah NTT

Kemungkinan dugaan kedua, kata Daryono, awan ini terbentuk oleh Contrail pesawat jet, tetapi biasanya jejaknya relatif kecil diameternya dgn garis awannya lebih kuat dengan warna latar langitnya.

"Contrail ini umurnya sangat pendek biasanya dalam skala menit bisa hilang, bentuknya mirip awan cirrus."

Daryono mengatakan adanya beberapa dugaan ini disebabkan karena memang tayangan video awan di pacitan tersebut memang kurang jelas, sehingga dugaan awan tersebut adalah roll cloud atau contrail jejak pesawat jet.

Source: Okezone