Viral Pengobatan Alternatif Atasi Masalah Tulang Belakang, Ini Kata Dokter

Okezone
 Okezone - Fri, 20 Sep 2019 07:01
 Viewed: 575
Viral Pengobatan Alternatif Atasi Masalah Tulang Belakang, Ini Kata Dokter

Pengobatan alternatif selalu diminati masyarakat. Alasan utamanya adalah takut melakukan operasi. Makanya, ketika ada upaya lain selain tindakan medis, orang-orang akan menjajalnya.

Padahal, dokter selalu menyarankan untuk jangan asal melakukan pengobatan alternatif, apalagi belum diketahui kebenarannya. Sudah banyak korban nyawa akibat pengobatan alternatif karena salah penanganan.

Nah, bicara mengenai pengobatan alternatif, di internet sekarang ini muncul sebuah olahraga yang menjanjikan kebaikan pada pasien masalah tulang belakang. Berita ini mencuat di media sosial dalam bentuk gambar. Okezone pun menerima gambar tersebut dan coba membahasnya lebih jauh, benarkah efektif?

Dalam informasi yang beredar, terdapat lima gerakan yang bisa Anda jajal di rumah dalam mengatasi masalah tulang belakang. Dapat diterangkan, gerakan itu antara lain T-Spine Mobility, Back Stretch, T6 or T7 Stretch, Spine Mobility, dan posisi menghadap tembok dengan tangan merekah ke luar.

Gerakan-gerakan tersebut punya manfaatnya sendiri. Mulai dari mengatasi tulang belakang bagian leher yang bengkok ke luar, tulang belakang bungkuk, tulang belakang tengah yang keluar dan area pinggang yang masuk, dan area tengah tulang belakang yang keluar.

Jika melihat dari gambar, lima gerakan tersebut tak sulit untuk dilakukan. Tapi, sekali lagi, apakah upaya olahraga itu bisa mengatasi masalah tulang belakang?

Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi dr Patar P. Oppusunggu, SpOT menjelaskan, masalah tulang itu bukan perkara mudah. Hal yang mesti disadari adalah proses pembentukan tulang itu bukan waktu yang singkat dan karena itu, tidak bisa kemudian melakukan upaya pembenaran tulang hanya dengan gerakan stretching atau juga yoga.

Source: Okezone