Viral Perempuan di Tasik Hamil Sejam Langsung Melahirkan, Ini Kata Dokter Kandungan

Okezone
 Okezone - Wed, 22 Jul 2020 01:46
 Viewed: 600
Viral Perempuan di Tasik Hamil Sejam Langsung Melahirkan, Ini Kata Dokter Kandungan

Kelahiran bayi laki-laki di desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mendadak viral. Pasalnya, hanya dalam hitungan jam sang ibu perutnya tiba tiba membesar, dan melahirkan bayi laki laki.

Peristiwa yang terjadi pada Sabtu 18 Juli 2020 terbilang di luar kepatutan, karena selama ini sang ibu tidak merasakan adanya tanda-tanda kehamilan, dan setiap bulan selalu datang bulan, bahkan saat melahirkan pun sang ibu sedang datang bulan.

Dengan melahirkan bayi laki-laki dari pasangan Heni Nuraeni (30) dan Erik (38) yang kesehariannya bekerja sebagai buruh ini, masih belum percaya peristiwa aneh yang dialaminya.

(Foto Ilustrasi)

Warga yang penasaran, dan tidak percaya akan kejadian tersebut pun mendatangi rumah Heni dan Erik untuk secara kebenaran informasi yang ramai di masyarakat setempat. Heni sendiri melahirkan normal atas bantuan dukun beranak dan keduanya saat ini kondisinya sehat.

"Saya sendiri masih belum percaya, karena tidak merasakan gejala seperti orang hamil pada umumnya. Kan saya pernah hamil anak pertama dan keduanya," kata Hana saat ditemui wartawan di rumahnya, Senin 20 Juli 2020, dikutip dari iNews.

Baca Juga : Sleeping Beauty Syndrome, Penyakit Langka yang Buat Bayi Shaka Tertidur Hampir Setahun

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Ardiansjah Dara Sjahruddin Sp.OG mengatakan, dalam dunia medis, kasus yang dialami oleh Heni disebut sebagai cryptic pregnancy. Cryptic pregnancy adalah kehamilan yang tidak disadari oleh sang ibu. Ini juga disebut sebagai hamil samar.

"Apalagi jika postur tubuh sang ibu agak gemuk. Orang gemuk memiliki dinding perut yang tebal sehingga terlihat buncit. Dalam kondisi ini, mereka sering mengira bahwa hal itu terjadi karena berat badan yang naik. Terlebih jika mereka sudah mempunyai anak, pasti akan berpikir bahwa perut yang buncit terjadi karena sudah pernah melahirkan," jelas dokter Dara seperti dikutip dari program iNews Siang, Selasa 21 Juli 2020.

Dokter Dara melanjutkan, kondisi perut yang tiba-tiba membesar dalam waktu satu jam, itu adalah kontraksi. Kontraksi juga menyebabkan area dada ikut membesar.

"Karena kontraksi jadi perut terlihat membesar. Karena itu, penting bagi pasangan untuk melakukan cek kehamilan secara berkala agar bisa menghindari cryptic pregnancy," tuturnya.

Source: Okezone