Heboh Hujan Deras Disertai Butiran Es Guyur Cimahi, Ini Penjelasan BMKG

Okezone
 Okezone - Wed, 25 Oct 2023 13:39
 Dilihat: 183

CIMAHI - Wilayah Kota Cimahi, Jawa Barat, diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (25/10/2023). Dalam video yang beredar, hujan lebat kali ini disertai butiran es sebesar kelereng yang berjatuhan ke atap rumah warga dan jalanan.

Hujan es itu di antaranya muncul di wilayah RW 05 Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Hal itu dibenarkan Lurah Cigugur Tengah, Rezza Rivalsyah Harahap.

"Iya betul tadi ada hujan es di Ciputri, RW 05 Cigugur Tengah," ujar Rezza.

Salah seorang warga yang mengabadikan hujan es, Kamal (33) mengatakan, saat hujan deras mengguyur wilayahnya dia mendengar suara seperti kerikil berjatuhan dari atap rumah.

"Ternyata ada bunyi seperti kerikil batu berjatuhan di seng rumah. Saya lihat dari lantai dua rumah, terus divideo, ternyata betul ada butiran esnya," kata Kamal.

Butiran es itu ukurannya beragam, namun rata-rata sebesar kelereng. Durasi hujan es itu juga, kata Kamal, berlangsung sekitar 20 menit. Kemudian butiran es yang turun mulai menghilang.

"Lumayan lama, sekitar 20 menitan. Waktu hujan itu bareng dengan angin kencang, setelah itu ya cuma hujan biasa sudah nggak ada esnya lagi," ungkap Kamal.

Sementara itu, pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Klas I Bandung, Yuni Yulianti mengatakan, berdasarkan prakiraan dinamika atmosfer terkini di Bandung Raya terdapat beberapa fenomena yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif yang dapat menyebabkan hujan disertai kilat/petir dan angin kencang.

"Aktifnya gelombang atmosfer yaitu Rossby Equator di Pulau Jawa, suhu muka laut relatif hangat di sekitar perairan Indonesia sehingga meningkatkan potensi suplai uap air ke wilayah Indonesia termasuk wilayah perairan Jawa Barat bagian utara," kata Yuni.

Sumber: Okezone