Heboh Saldo Berubah Drastis, OJK Akan Panggil Bank Mandiri

Okezone
 Okezone - Sun, 21 Jul 2019 15:09
 Dilihat: 366
Heboh Saldo Berubah Drastis, OJK Akan Panggil Bank Mandiri

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) siap meminta penjelasan kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). Hal tersebut menyusul errornya system yang dialami bank pelat merah tersebut pada Sabtu (20/7) kemarin.

Diketahui gangguan itu sempat perubahan nominal saldo pada 1,5 juta rekening nasabah Bank Mandiri di berbagai daerah Indonesia.

Deputi Komisioner Humas dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo mengatakan, OJK saat ini melakukan monitor dan mitigasi mengenai hal yang dilakukan oleh bank dan memprioritaskan aspek perlindungan konsumen. Hal ini terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya setelah kejadian error system Bank Mandiri.

Saat ini yang terpenting menurutnya, pelayanan nasabah sudah kembali normal dan tidak ada yang berkurang hak atau isi rekeningnya.

"Secepatnya OJK akan meminta Bank Mandiri tentu untuk segera melaporkan permasalahan dan apa saja langkah-langkah yang mereka lakukan untuk tidak terulang lagi di kemudian hari," ujarnya dikutip Sindonews, Minggu (21/7/2019).

Sebelumnya Bank Mandiri melalui Corporate Secretary Rohan Hafa telah lebih dulu memastikan saldo rekening nasabah yang berkurang dipastikan pulih seperti sedia kala.

"Jika terkait permasalahan IT kita tunggu laporan sesegera mungkin, sehingga saat ini belum bisa dibilang ada atau tidaknya keganjilan. Kita lihat nanti apakah perlu dilakukan audit teknologi informasi untuk Bank Mandiri atau tidak," ujarnya.

Rohan juga menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening.

"Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi eror pada data saldo 10% nasabah Bank Mandiri," jelasnya

Rohan menambahkan, hanya 10% nasabah Bank Mandiri yang mengalami perubahan saldo akan segera kembali dalam dua jam mendatang.

"Perubahan saldo 10% nasabah sedang dilakukan bertahap untuk dikembalikan posisi awal dan saldo sebenernya sudah di-backup. Akan kembali, 2 jam ini,"

Sumber: Okezone