Viral Pria di India Hamil hingga Melahirkan, Ternyata karena Ini

Okezone
 Okezone - Wed, 25 Oct 2023 23:30
 Dilihat: 229

KASUS bayi laki-laki di Sumatera Barat yang 'hamil' dalam dunia medis dikenal sebagai kondisi 'fetus in fetu'. Itu menandakan ada kembaran di dalam perut bayi tersebut.

Tahu tidak kalau kondisi fetus in fetu ini pernah juga terjadi di India. Menariknya, laki-laki yang hamil itu sampai melahirkan meski lewat prosedur operasi. Seperti apa kisahnya?

Sanju Bhagat lahir di Nagpur, India, pada 1963. Ia lahir sebagai bayi sehat tapi memiliki bentuk perut yang tidak normal yaitu agak besar sedikit.

Waktu berjalan terus, Sanju pun menyadari ada yang tidak beres dengan tubuhnya saat usia 20-an.

Ya, perut Sanju membesar layaknya perempuan hamil. Tidak tiba-tiba gede, tapi perlahan, hari-demi-hari selayaknya perempuan hamil. Kondisi tersebut hingga membuat Sanju sulit beraktivitas.

Menurut laporan Hindustan Times, Sanju kesehariannya sibuk di ladang sebagai petani.

Singkat cerita, pada 1999, Sanju mengeluh sulit bernapas karena perutnya benar-benar besar. Agar nyawanya tertolong, Sanju dilarikan ke rumah sakit di Mumbai. Dokter awalnya menyatakan kalau ada tumor di dalam perut Sanju.

Saran operasi pun diberikan untuk menyelamatkan hidup pria itu. Sanju setuju dan hal tak terduga terjadi, para dokter melihat ada tubuh manusia di dalam perut Sanju.

"Ia memiliki saudara laki-laki kembarannya yang belum lahir di dalam perutnya dan kembarannya ada di perut Sanju selama lebih dari 35 tahun," ujar laporan akun @historyinmemes di platform X, dikutip MNC Portal, Rabu (25/10/2023).

Apa yang dialami Sanju Bhagat dalam dunia medis dikenal sebagai 'fetus in fetu' dan ini kasus sangat langka. Secara umum, yang terjadi adalah salah satu kembaran tidak sepenuhnya terpisah dari kembarannya selama proses perkembangan janin dan akhirnya tumbuh di dalam tubuh kembaran lainnya.

Kembaran yang tumbuh di dalam perut kembarannya biasanya berukuran sangat kecil dan belum berkembang dan ini disebut 'parasitic twin'.

Sumber: Okezone