Viral Video Guru Dikeroyok Siswa, Disdik Jateng Terjunkan Tim ke SMK Kendal

Okezone
 Okezone - Mon, 12 Nov 2018 02:37
 Dilihat: 616
Viral Video Guru Dikeroyok Siswa, Disdik Jateng Terjunkan Tim ke SMK Kendal

SEMARANG - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menerjunkan tim untuk mengklarifikasi video yang berisi guru dikeroyok sejumlah siswa di SMK NU 03 Kaliwungu Kendal. Meski pihak sekolah menyatakan tak ada pengeroyokan dan sekadar bercanda, aksi tersebut dinilai di luar batas kewajaran.

"Tetap akan dilakukan klarifikasi. Saya akan menugaskan staf karena kan sudah banyak masyarakat yang sudah melihat (video) secara langsung," ujar Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Gatot Bambang Hastowo, Senin (12/11/2018).

Dia mengatakan, dirinya telah menerima informasi dari pihak sekolah bahwa aksi antara guru bernama Joko Susilo dan para siswa sebatas bercanda. Selama ini, guru Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif dikenal sebagai guru yang gemar bercanda dan dekat dengan peserta didik.

"Itu memang guru dalam kesehariannya sering bercanda. Kalau menurut penjelasannya (sekolah) itu sedang bercanda dengan anak-anak. Itu tidak sungguhan. Kalau kita lihat di videonya kan di bagian akhirnya sudah pelajaran seperti biasa kan," bebernya.

Gatot juga mengapresiasi langkah pihak sekolah yang bergerak cepat melakukan klarifikasi. Setelah video berdurasi 24 detik viral di media sosial, Kepala SMK NU 03 Kaliwungu, Muhaidin, membuat surat pernyataan yang menerangkan tak ada aksi pengeroyokan.

"Saya ingatkan saja, bukan peringatkan. Jangan diulangi, artinya kalau itu internal monggo (silakan) seperti itu. Misalnya kita gojek (bercanda) antara anak dengan bapak gelut-gelutan (seolah berkelahi), enggak apa-apa. Tapi ketika direkam lalu disebar itu yang enggak biasa," jelas dia.

"Saya tidak tahu apa Pak Joko pendekatannya menggunakan model seperti itu (seolah berkelahi). Memang saya menekankan dalam belajar mengajar ada 4M, yakni menyenangkan, mengasihi, mencerdaskan, dan menguatkan. Mungkin ini salah satu cara proses belajar agar menyenangkan, murid tidak bosan," ungkapnya.

(Baca Juga : KPAI Nilai Tak Ada Unsur Candaan dalam Pengeroyokan Guru oleh Siswa di Kelas)

Sebelumnya diberitakan, publik digegerkan dengan video berdurasi 24 detik yang memperlihatkan seorang guru tengah dikepung sejumlah siswa. Dalam video terlihat guru berperawakan kurus berusaha menendang dan memukul para siswa.

Berdasarkan penyelidikan, peristiwa itu terjadi di dalam ruang kelas X TKR. Sementara guru dalam video itu diketahui bernama Joko Susilo, SPd. (54), warga Kartika Jaya Patebon Kendal. Peristiwa berlangsung pada Kamis 8 November pukul 09.15 WIB hingga 13.20 Mapel Gambar Teknik Otomotif yang diampu Joko Susilo.

(Baca Juga : Polisi Selidiki Video Viral Guru Dikeroyok Siswa SMK di Kendal)

Sumber: Okezone