IDI Pastikan Viral Dokter Tanpa Busana Tidak Terkait Virus Corona

Okezone
 Okezone - Tue, 23 Jun 2020 07:48
 Dilihat: 619
IDI Pastikan Viral Dokter Tanpa Busana Tidak Terkait Virus Corona

SURABAYA - Dokter yang tidak mengenakan busana dan terekam kamera hingga menjadi viral di media sosial dipastikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tidak berkaitan dengan virus corona atau Covid-19 sebagaimana narasi yang dituliskan sebuah akun yang menyebar video tersebut.

IDI Kota Surabaya pun memastikan, kondisi ekonomi keluarga sang dokter pun baik-baik saja. Karena itu, IDI menyesalkan narasi atas video yang menyudutkan keluarga dokter tersebut.

Ketua IDI Surabaya dr Brahmana Askandar mengatakan, telah menghubungi keluarga begitu video tersebut beredar luas. Hasilnya, suami dan anak dokter baik-baik saja. Tidak terjangkit Covid-19 dan tidak meninggal sebagaimana narasi yang dibangun.

"Memang dokter, tapi dia tidak ada kaitannya dengan Covid-19 maupun kondisi ekonomi keluarga. Dia dokter umum, dan saya juga sudah kontak orang tuanya. Kebetulan saya kenal dan juga dokter," katanya, Selasa (23/6/2020).

Yang memprihatinkan, sambungnya, dalam konten video tersebut, suami dan anak dokter disebut meninggal dunia. Padahal keduanya dalam kondisi sehat. "Dokter perempuan yang ada dalam video kondisinya juga baik, tidak depresi," katanya.

Karena itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi-informasi belum benar kepastiannya. Sebab, saat ini banyak isu hoaks beredar di masyarakat, yang sengaja diciptakan untuk memperkeruh suasana.

Baca Juga : Awalnya Latihan Tinju, Ujungnya Menghamili Mantan Siswinya

Baca Juga : Keponakannya Diusulkan Maju Pilkada Tangsel, Gerindra : Prabowo Senyum-Senyum Saja

Sebelumnya, akun Twitter @filipus_nove pada 9 Juni 2020 lalu, mengunggah sebuah video berdurasi 44 detik, yang memperlihatkan seorang wanita tanpa busana, berdiri di pinggir jalan di wilayah Surabaya.

"Ini dokter gigi di srby (Surabaya)...suaminya.ama anak nya mati kena covid.... ini istrinya sampai stres sampe telanjang di jalan," tulis akun tersebut.

Dalam video tersebut juga terdengar suara seorang lelaki yang mengatakan bahwa perempuan tanpa busana itu adalah dokter, dan bertempat tinggal di Gang 2. "Iki dokter (ini dokter). Omahe gang 2 (rumahnya di gang 2)," kata lelaki tersebut.

Sumber: Okezone