Viral Wanita asal Pangandaran Ini Lahirkan Anaknya di Jalanan Kampung

Okezone
 Okezone - Fri, 04 Oct 2019 08:21
 Dilihat: 693
Viral Wanita asal Pangandaran Ini Lahirkan Anaknya di Jalanan Kampung

PANGANDARAN - Seorang ibu hamil, Yati (28), warga Dusun Desa, Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat melahirkan di perjalanan saat menuju Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Kejadian tersebut sempat di-posting di media sosial facebook dan direspons berbagai komentar dari netizen.

Kepala Puskesmas Kecamatan Langkaplancar, Yana Taryana mengatakan, jarak dari rumah Yati ke Poskesdes sekitar 4 kilometer dan kondisi jalan yang dilalui sangat terjal.

"Yati merasakan mules tanda mau melahirkan sejak pukul 05.30 WIB, setelah itu pihak keluarga menyepakati untuk melahirkan di Poskesdes menggunakan motor," kata Yana.

Belum juga sampai ke tujuan, baru ditempuh sekira 1,5 kilometer dari rumahnya, rasa mules yang dialami Yati semakin tinggi, sehingga berhenti di tepi jalan.

"Beruntung saat menuju ke Poskesdes Yati didampingi seorang paraji atau dukun anak di perkampungan, sehingga proses kelahiran dibantu oleh paraji dan proses persalinan terjadi pada pukul 08.00 WIB," tuturnya.

Setelah bayi lahir di perjalanan, bidan desa datang ke lokasi dan langsung menanganinya. "Setelah proses persalinan selesai, ibu dan anak selamat, warga langsung membawa Yati dan bayinya menggunakan tandu yang terbuat dari kain sarung dipikul menggunakan bambu," papar Yana.

Yana mengimbau kepada masyarakat yang memerlukan pertolongan medis untuk berkoordinasi aktif dengan pihak puskesmas agar kejadian serupa tidak lagi.

Sumber: Okezone