Sempolan Ayam

Liputan6
Viewed: 7192
Sempolan Ayam
Sempol ayam goreng memang paling pas dicocol dengan sambal kacang atau saus. Kalau berbicara soal sempol ayam, memang selalu berhasil membuat kamu tergiur. Sempol ayam sendiri awalnya merupakan jajanan pinggir jalan (pedagang kaki lima) yang khas dari Malang. Baru-baru ini, sempol ayam menjadi hits di mana-mana. Bahkan di media sosial pun tak ketinggalan dibanjiri tutorial atau step by step cara membuat sempol ayam. Mulai dari sempol ayam sederhana yang dibuat dari bahan-bahan yang praktis dan mudah didapat sampai sempol gurih spesial yang dibuat dengan daging ayam yang banyak. Selain ayam sebenarnya sempol dapat dibuat dari olahan daging lainnya. Mulai dari sempol udang, sempol daging sapi, sempol ikan tenggiri, sempol kornet, sempol tahu, sempol ayam sosis dan sempol ayam yang dikombinasi dengan udang serta daging sapi. Tekstur sempol yang kenyal dengan citarasa yang gurih memang enak dijadikan camilan keluarga yang murah meriah. Jadi jangan aneh lagi jika banyak orang yang suka menikmati gurihnya sempol, dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Cara membuat sempol ayam sebenarnya sangat mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga terjangkau di mana-mana. Tampilan sempol yang bulat memanjang sebenarnya hampir mirip dengan camilan kaki naga. Hanya bedanya untuk kaki naga bentuknya lebih bulet (gembul/gendut) sehingga mirip ayam goreng yang ditusukkan ke bambu. Sedangkan untuk sempol tampilannya lebih ramping hampir mirip dengan sosis goreng ataupun sosis bakar. Untuk ibu-ibu yang punya anak kecil, suka ngemil tapi tidak terlalu doyan sayur bisa mencoba sempol ayam dengan sayuran. Bisa coba mengkreasikan sempol ayam goreng ini dengan parutan wortel dan sayuran lainnya seperti brokoli ke dalam adonan. Anak-anak pasti suka dan rasa sayurnya pun ketutup dengan gurihnya sempol ayam goreng. Berikut cara membuat sempol ayam yang Liputan6.com rangkum, Selasa (23/10/2018).
Category: Appetizers

Ingredients

  • 250 gr Daging Ayam
  • 100 gr Tepung Tapioka/Kanji
  • 50 gr Tepung Terigu
  • 4 siung Bawang Putih
  • 3 sdm Bawang Merah Goreng
  • 1 butir Telur Ayam
  • 1 btg Daun Bawang
  • 1 btg Daun Seledri
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu Bubuk secukupnya
  • merica Bubuk secukupnya

Bahan Lainnya

- Air secukupnya (digunakan untuk merebus)
- Minyak goreng (digunakan untuk menggoreng)
- Tusukan sate atau tusukan bambu nugget secukupnya

Bahan Pencelup

- 1 butir Telur (kocok lepas)

Cara Membuat

1. Haluskan daging ayam dan bawang putih, kemudian masukkan ke dalam wadah agak besar.

2. Campur adonan daging bersama bawang goreng, telur ayam.

3. Masukkan juga sedikit demi sedikit tepung, gula, garam, kaldu bubuk dan merica. Aduk jadi satu sampai semua bahan tercampur dengan rata.

4. Masukkan irisan daun bawang dan daun seledri. Lalu uleni adonan hingga rata.

5. Selanjutnya rebus sedikit adonan untuk cek rasa, kalau rasa sudah pas baru ambil adonan secukupnya lalu rekatkan ketusukan sate dengan cara dikepal-kepalkan pelan agar menempel ke tusukan.

6. Bentuk lonjong memanjang atau sesuai selera, lakukan sampai adonan habis. Saat proses ini jangan lupa oleskan minyak goreng ke telapak tangan agar adonan tidak lengket saat dibentuk.

7. Langkah berikutnya didihkan air, rebus sempol ayam kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang, angkat lalu tiriskan.

8. Celupkan ke dalam kocokan telur, goreng dengan menggunakan api sedang sampai berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.

9. Sajikan sempol ayam hangat bersama saus sambal botolan, mayonaise atau sambal kacang sesuai selera.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio