Siomay Tanpa Ikan

Liputan6
Viewed: 2187
Siomay Tanpa Ikan
Siapa sih yang nggak tahu siomay? Jajanan yang sering ditemui di sekitar sekolah, pasar, dan tempat umum lainnya, merupakan makanan favorit banyak orang. Selain memiliki citarasa gurih yang lezat, cara membuat siomay pun cukup mudah. Usut punya usut, siomay merupakan makanan yang dipengaruhi oleh masakan Cina yang masuk ke Indonesia yakni dim sum shumai. Menariknya, makanan adaptasi ini cara penyajiannya berbeda dengan makanan asli dari Cina. Jika kita biasa memakan siomay dengan menggunakan saus kacang, sedangkan shumai asli Cina dihidangkan dengan menggunakan saus asam manis dan saus sambal. Oleh para pedagang Sunda, shumai kemudian dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi siomay seperti yang sering kita makan sekarang ini. Dari situlah asal siomay dan mengapa siomay berasal dari Bandung. Biasanya makanan khas Kota Bandung ini dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri atau sejenis ikan lainnya dan disajikan dengan bumbu berbahan dasar sambal kacang yang gurih. Meski identik menggunakan ikan atau udang sebagai bahan utamanya, rupanya membuat siomay bisa diakali tanpa menggunakan ikan lho. Cara membuat siomay tanpa ikan ini cocok buat kamu yang tak suka ikan atau tak memiliki persediaan ikan di rumah. Eits, meski tanpa ikan, siomay sederhana ini rasanya nggak kalah lezat lho. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018) cara membuat siomay tanpa ikan.
Category: Main Dishes

Ingredients

  • Kulit Pangsit siap pakai secukupnya
  • 1/4 kg Daging Ayam Fillet tanpa tulang
  • 1 butir Telur Ayam ukuran sedang Besar
  • 80 gr Tepung Kanji/ Tepung Sagu
  • 1/2 sdt Merica Bubuk
  • 1 sdt Merica Halus
  • 1 sdt Minyak Wijen
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Kaldu Bubuk rasa ayam
  • 2 btg Daun Bawang
  • 2 buah Wortel segar ukuran sedang, serut kecil
  • 50 ml Air Bersih
  • 1/2 sdt Gula Pasir

Cara Membuat

1. Masukkan daging ayam bersama dengan telur ayam, air dan bawang putihnya kedalam food processor atau blender kecil. Giling ketiga bahan tadi sampai halus.

2. Keluarkan dan masukkan ayam ke dalam wadah adonan bersama dengan minyak wijen, garam dapur, kaldu bubuk, gula, daun bawang dan merica kemudian aduk menjadi satu.

3. Tuang tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai rata. Proses mengaduknya bisa menggunakan sendok sayur, sendok makan atau sendok kayu.

4. Ambil kulit pangsit kemudian lebarkan. Ambil adonan resep siomay ayam secukupnya kemudian letakkan di tengah. Taburi dengan sedikit parutan wortel kemudian lipat kembali dengan rapi.

5. Masukkan siomay kedalam panci kukusan. Masak sampai matang atau kurang lebih selama 1/2 jam. Kalau masih ada sisa adonan, bisa dibentuk bulat kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah berisi air yang mendidih.

6. Setelah siomay mengapung bisa langsung diangkat. Siomay tanpa ikan buatanmu sendiri siap dinikmati.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio