Kue Ulang Tahun

Liputan6
Viewed: 40
Kue Ulang Tahun
Kue ulang tahun adalah sebuah kue yang disajikan kepada seseorang pada hari ulang tahunnya. Saking istimewanya kehadiran kue ini di hari ulang tahun, banyak orang yang penasaran dengan cara membuat kue ulang tahun. Kue ulang tahun sendiri biasanya dihiasi dengan nama seseorang serta tak ketinggalan ditancapkan lilin di atasnya. Lilin yang ditaruh di atas kue ulang tahun biasanya sama dengan jumlah usia orang yang berulang tahun. Ada juga tradisi untuk meletakkan satu lilin ekstra untuk membawa keberuntungan. Kue ulang tahun biasanya spons dan rasa yang paling populer di kue adalah cokelat. Sejarah asal-usul mulanya kue ulang tahun dimulai pada zaman Romawi kuno. Kala itu cara membuat kue ulang tahun kue dibentuk bulat dari bahan-bahan tepung, kacang, ragi, dan diberi pemanis dari madu. Kue ini disajikan saat momen-momen khusus. Perubahan kue ulang tahun mulai terjadi pada abad 17, bentuk kue kurang lebih sama dengan bentuk yang ada sekarang lengkap dengan bagian-bagiannya seperti layer atau dekorasi. Tapi pada masa itu kue ulang tahun tersedia hanya bagi orang kaya saja. Kue ulang tahun akhirnya menjadi merakyat karena adanya revolusi industri, saat bahan-bahan dan peralatan semakin mudah didapat. Seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak toko kue yang menyediakan berbagai macam kue ulang tahun dengan berbagai bentuk dan varian topping yang unik dan menarik atau bahkan bisa diorder sesuai keinginan. Bahkan kini semua orang pun bisa membuat sendiri kue ulang tahun. Pasalnya, kini cara membuat kue ulang tahun bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Bahkan kamu bisa membuat kue ulang tahun tanpa menggunakan oven lho. Nah, berikut ini Liputan6.com Senin (29/20/2018) rangkum dari berbagai sumber, cara membuat kue ulang tahun tanpa oven.
Category: Pie & Cake

Ingredients

  • 4 butir Telur
  • 1/2 sdt Garam
  • 11/2 sdt Emulsifier
  • 150 gr Gula Pasir
  • 50 gr Kacang Tanah Serbuk
  • 125 gr Terigu
  • 25 gr Bubuk Cokelat
  • 1/2 sdt Baking Powder
  • 50 ml Susu Cair
  • 150 ml Margarin yang sudah di lelehkan
  • 1/2 sdt Pasta Cokelat
  • 150 gr Mentega Putih
  • 25 gr Margarin
  • 150 gr Susu Kental Manis Putih
  • 50 gr Selai Kacang
  • 100 gr Cokelat Masak yang sudah di lelehkan

Cara Membuat Kue

1. Kocok telur dengan memakai mixer, lalu masukkan garam dan emulsifier. Aduk sampai agak mengembang.

2. Lalu masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga mengembang penuh. Mulai masukkan kacang tanah serbuk. Kocok kembali sampai merata.

3. Kemudian masukkan terigu, cokelat serbuk dan baking powder sambil tetap diayak dan diaduk sampai rata. Masukkan juga susu cair.

4. Masukkan margarin leleh dengan pasta cokelat sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.

5. Siapkan loyang dengan ukuran 20 cm dan tinggi 7 cm. Beri kertas roti di bagian alasnya.

6. Lalu kukus adonan ini sekitar 20 menit. Gunakan api ukuran sedang dan tunggulah sampai matang.

7. Sisihkan kue supaya dingin.

Sambil menunggu kue dingin, kamu bisa sambil membuat olesannya. Berikut cara membuat olesan kue ulang tahun yang sederhana.

Cara Membuat Olesan Kue

1. Nyalakan mixer dan kocok mentega putih serta margarin sampai warnanya menjadi putih. Masukkan susu kental manis putih. Kocok kembali sampai merata.

2. Masukkan juga selai kacang dan cokelat masak leleh. Lalu aduk lagi hingga merata.

3. Ambil kue yang sudah jadi, potong mejadi 3 bagian rata, ratakan permukaan cake memakai spatula. Kemudian olesi dengan bahan olesan.Kue ulang tahun siap dihias sesuai selera dan disajikan untuk acara ulang tahun.

0 Review

0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
0 Reviews
Sorry, there are no review. Please write your review below.
Write a Review
Rating:
*
Headline:
*
Details:
*
Pros:
 
Cons:
 
 
 
Security Code:
*
 
 
Please type the above letters.
 
 
FirstPrev1NextLast
Submit Recipe
Promotion Calendar
MEDIA COVERAGE
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio