Appetizers

FirstPrev12345NextLast
  • Kimchi Sawi Putih

    Kimchi Sawi Putih

    Kamu salah satu penyuka dunia K-Pop dan berbagai acaranya? Korea memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Mulai dari musiknya yang sangat populer, serial dramanya yang selalu berhasil menghanyutkan emosi penggemarnya, hingga aneka makanan khas Korea. Kamu mungkin sering menemukan berbagai makanan Korea yang menarik perhatian dan sepertinya enak untuk dimakan. Salah satunya yang paling umum adalah kimchi. Kimchi yang sering muncul dalam adegan di drama-drama Korea Selatan terbuat dari beberapa jenis sayuran yang dicampur dengan pasta cabai lalu didiamkan selama beberapa hari sampai citarasanya berubah menjadi asam. Kimchi yang merupakan sejenis acar berbahan sayuran dari Korea belakangan mulai digemari di Indonesia. Macam dan variasinya sangat banyak. Meski banyak jenis sayur yang dapat dibuat menjadi kimchi, namun kimchi sawi putih adalah yang paling terkenal. Berwarna merah terang dengan rasa yang asam dan sedikit pedas, kimchi sawi menjadi makanan yang wajib ada untuk melengkapi beragam sajian makanan saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Tak mengherankan jika kimchi menjadi salah satu ikon kuliner yang sangat populer di Korea. Sekarang kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mencicipi kimchi yang lezat. Ternyata bisa membuat sendiri kimchi yang tak kalah lezatnya di rumah. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan, yang terpenting adalah kesabaran dan ketelatenan agar hasil jadi kimchi sempurna. Berikut cara membuat kimchi sawi putih ala drama Korea yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2018).
  • Lasagna Kukus

    Lasagna Kukus

    Lasagna merupakan salah satu hidangan khas Italia yang sangat populer di seluruh dunia. Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Makanan yang kaya akan kandungan protein berasal dari keju dan daging cincang. Tidak hanya bisa ditemukan di restoran Italia, saat ini kamu dapat dengan mudah menemukan membeli lasagna di penjual makanan di kaki jalan, food truck, dan kafe-kafe kecil. Meskipun sering dianggap bukan kelompok pasta, fakta mengatakan bahwa lasagna merupakan jenis pasta paling tua yang telah ada sejak zaman Romawi kuno. Lasagna berasal dari Kota Naples, sama dengan tempat pertama kali pizza ditemukan. Lasagna merupakan kata pengganti majemuk untuk lasagne yang berarti satu lembar lapisan pasta. Karena keterbatasan bahan baku, adonan lasagna tradisional yang dibuat di wilayah selatan Italia menggunakan gandum semolina dan air, sedangkan di wilayah utara Italia, tidak menggunakan semolina melainkan telur dan tepung terigu. Resep lasagna pertama kali tercatat pada abad ke-13, di mana pada masa tersebut masyarakat Eropa belum mengenal jenis tanaman tomat, sehingga dapat dipastikan bahwa saus tomat yang digunakan pada resep lasagna saat ini tidak digunakan pada masa tersebut. Jika biasanya mengolah lasagna dengan cara di panggang, maka kini bisa mencoba dengan cara dikukus. Penasaran? Berikut cara membuat lasagna kukus yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).
  • Nugget Tahu Wortel Ayam

    Nugget Tahu Wortel Ayam

    Liputan6.com, Jakarta Tahu memang bahan makanan yang sederhana dan harganya pun cukup murah. Banyak di antara kita yang sering menganggap bahwa makanan ini tidak begitu menarik untuk dibuat masakan buat keluarga dan tidak bergizi. Kita tahunya mungkin cuma tahu goreng, tahu sumedang, tahu bulat dan lainnya. Padahal kalau dikombinasikan dengan bumbu dan bahan yang lain, masakan tahu bisa juga menarik dan lezat lho. Seperti contoh pepes tahu dan resep nugget tahu dengan sayur wortel. Dengan bentuk baru yang lebih modern, tentu akan lebih disukai oleh anak-anak dan anggota keluarga yang lain. Cara membuat nugget tahu ini juga sangat mudah dan praktis daripada cara membuat nugget ikan, ayam dan lainnya. Selain itu, tentu nugget tahu dengan sayur wortel ini lebih sehat, rendah lemak dan sumber protein yang bagus buat sehari-hari. Berdasarkan penelitian terbaru, tahu banyak mengandung kandungan gizi yang baik lho. Sebut saja protein nabati yang lebih sehat untuk penderita kolesterol tinggi daripada protein hewani yang ditemukan di daging. Buat kamu atau keluargamu yang menderita asam urat sebaiknya mengkonsumsi olahan tahu, seperti masakan nugget tahu wortel ini untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Selain itu, nugget tahu sayur wortel ini juga rendah kolesterol serta banyak mengandung zat besi, vitamin D, vitamin A dan lainnya. Selain tahunya, wortel dan sayuran lain yang digunakan juga banyak mengandung vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Dengan mengolah tahu dan sayuran menjadi nugget tahu ini, anak-anak pasti lebih menyukai dan lahap makannya. Yang harus diperhatikan, bahan-bahan yang dipergunakan harus benar-benar bersih dan bebas dari kandungan zat-zat berbahaya. Tahu yang digunakan harus benar-benar baru, bergizi dan bebas dari formalin. Berikut cara membuat nugget tahu wortel ayam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/10/2018).
  • Martabak Telur Mini

    Martabak Telur Mini

    Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang martabak, di Indonesia sendiri terdapat dua jenis martabak yakni martabak manis dan martabak telur. Martabak manis sendiri lebih dikenal oleh mayarakat dengan sebutan terang bulan. Meskipun memiliki nama depan yang sama yakni martabak, namun nyatanya kedua martabak ini jauh berbeda baik mulai dari pembuatan, komposisi, rasa, maupun jenisnya. Martabak manis atau terang bulan merupakan sejenis kue atau roti isi selai atau keju atau meses. Beda dengan martabak telur yang merupakan makanan yang digoreng dengan membuat sendiri kulit serta isinya. Martabak manis dan martabak telur menjadi jajanan favorit bagi semua orang. Martabak telur dikenal dengan rasa yang khas, yaitu rasa yang asin dengan perpaduan sayuran dan daging. Martabak telur ini juga bisa dijadikan sebagai lauk atau bisa dimakan dengan nasi, juga bisa dimakan sebagai camilan. Penjual makanan populer ini sudah banyak tersebar di mana-mana. Selain di gerobak pedagang kaki lima, di restoran atau rumah makan pun juga turut menyediakan martabak telur sebagai menu makanan mereka. Mirip dengan ciri khas dan kebiasaan kuliner Indonesia pada umumnya, cara pembuatan dan isian martabak telur sesuai dengan ciri khas daerahnya. Tapi walaupun berbeda cita rasanya, pada umumnya di berbagai daerah, penjualnya baru berjualan menjelang malam atau sore hari, karena itu martabak telur baru bisa dinikmati menjelang malam hari. Sebab itulah kita tidak dapat merasakan kenikmatan martabak telur setiap saat. Nah supaya bisa merasakan kenikmatan martabak telur setiap waktu, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bagi beberapa orang, membuat martabak telur dengan ukuran sebenarnya mungkin terasa ribet dan susah karena tidak mempunyai wajan dengan ukuran yang besar. Tapi jangan bingung dulu, masih ada cara membuat martabak mini bagi kamu yang ingin membuat martabak telur dengan simpel. Berikut cara membuat martabak telur mini yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/10/2018).
  • Takoyaki Khas Jepang

    Takoyaki Khas Jepang

    Liputan6.com, Jakarta Takoyaki merupakan salah satu makanan Jepang yang mempunyai bentuk seperti bola yang kecil dan terbuat dari tepung serta taburan katsuobushi yang disajikan dengan berbagai macam saos. Biasanya sih makanan ini isinya gurita yang diolah dengan bumbu sederhana dan saos takoyaki khas Jepang. Di era modern saat ini memang banyak sekali resep masakan Jepang yang sudah menjadi tren kuliner baru di Indonesia. Seperti contoh chicken katsu, shrimp katsu, tempura udang, teriyaki, dorayaki, takoyaki dan masih banyak lainnya. Memang tidak bisa dibantah bahwa era globalisasi saat ini membuat begitu banyak resep masakan dan makanan dari luar negara kita yang populer dan digemari masyarakat Indonesia. Dahulu sih rata-rata harga makanan Jepang tersebut relatif cukup mahal. Biasanya juga hanya ada di beberapa restoran Jepang yang ada di mal. Tetapi karena peminat dari masyarakat umum cukup banyak, maka banyak hasil modifikasi dengan bahan yang umum sehingga harganya lebih murah. Salah satu ciri khas resep masakan Jepang ini adalah serutan ikan cakalang kering atau di sana disebutnya katsuobushi. Nah di Indonesia sangat sulit sekali menemukan bahan resep takoyaki yang ini di pasaran. Namun kini sudah bisa membelinya lewat online di beberapa penjual katsuobushi yang bisa kita beli. Selain itu ciri khas kedua yaitu aonon atau sejenis rumput laut yang sudah dikeringkan. Kalau tidak ada sih sebenarnya juga bisa dihilangkan tetapi tetap saja rasa aslinya berkurang. Selain kedua macam bahan takoyaki, yang tidak kalah penting juga adalah adonan kulit takoyakinya. Adonan ini yang nantinya menyelimuti tako atau isian guritanya. Untuk isiannya sendiri kalau tidak suka gurita bisa diganti juga dengan cumi, udang, sosis ataupun keju. Yang penting jangan menggunakan isian yang citarasanya manis, nanti jadi berubah rasa takoyaki Jepang yang akan dibuat. Cara membuat takoyaki asli ala restoran Jepang sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Tinggal mencampur bahan takoyaki yang sudah dipersiapkan dan kemudian memasaknya di pan khusus. Pan khusus ini sudah banyak dijual bebas baik di pasar tadisional maupun supermarket. Berikut cara membuat takoyaki di rumah seperti liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/10/2018).
  • Empek - Empek Tanpa Ikan

    Empek - Empek Tanpa Ikan

    Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu pempek atau empek empek? Makanan khas Palembang ini sudah sangat terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera. Makin lezat kala disantap dengan cuko yang bercita rasa manis, asam dan pedas. Menurut sejarahnya, empek empek telah ada di Palembang sejak abad ke-16. Nama pempek sendiri diambil dari kata empek-empek, atau pek-pek yang menjadi sebutan laki-laki tua pada pria Tionghoa. Berkat ketenarannya, empek empek bisa dinikmati tanpa harus ke Palembang lho. Pasalnya, saat ini hampir disetiap sudut kota ada penjaja kudapan gurih satu ini. Bahkan empek empek juga di ekspor ke mancanegara. Di antarannya Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.
  • Siomay Bandung

    Siomay Bandung

    Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki begitu banyak macam-macam kuliner, sehingga membuat kita tidak sanggup menyebutkan semuanya dalam satu hari. Apalagi soal cita rasa, tentu tak mungkin diragukan lagi mengingat banyaknya budaya dan juga kuliner yang berbeda-beda di Indonesia. Mulai dari jajanan pinggir jalan hingga makanan berat. Nah siomay adalah salah satu makanan yang populer khas Indonesia dan juga digemari oleh semua lapisan masyarakat. Mirip seperti bakso, lumpia, dan pempek, siomay adalah jenis makanan yang dipengaruhi oleh masakan Cina yang masuk ke Indonesia, yaitu dim sum shumai. Tentu saja makanan adaptasi ini tidak sama cara penyajiannya bila dibandingkan dengan makanan asli dari Cina. Siomay di Indonesia disajikan dengan saus kacang, sedangkan shumai asli Cina disajikan dengan saus asam manis dan saus sambal. Para pedagang asal Sunda memodifikasi shumai sedemikian rupa sehingga menjadi siomay yang sering kita makan sekarang ini. Itulah asal mula siomay dan mengapa siomay disebut berasal dari Bandung. Sudah sejak lama siomay telah menjadi makanan khas Indonesia, bisa kita lihat dari selalu adanya pedagang siomay di depan sekolah. Selain pedagang kaki lima keliling yang menjualnya di pinggir jalan, restoran juga menyediakan menu siomay. Kini siomay telah menjadi jajanan sehari-hari. Sebenarnya. Cara membuat siomay ini sangatlah mudah. Alih-alih membeli, kenapa tidak membuat sendiri siomay yang enak dan pas dengan selera serta lebih higienis, daripada harus selalu membeli siomay di pinggir jalan. Berikut cara membuat siomay Bandung yang sederhana seperti dirangkum Liputan6.com, Sabtu (20/10/2018).
  • Seblak Ceker Kering

    Seblak Ceker Kering

    Nah, buat kamu yang ingin membuat seblak kering sebagai camilan, bisa juga kok! Berbeda dengan seblak basah, seblak kering merupakan varian seblak yang renyah dan garing seperti kerupuk pada umumnya. Cara membuat seblak kering tentu berbeda dari seblak basah. Seblak basah menggunakan kerupuk yang harus direndam terlebih dahulu. Sedangkan pada seblak kering, kerupuk digoreng langsung dengan bumbu. Seblak kering bisa saja disebut dengan kerupuk yang berbumbu. Oleh karena itu seblak kering cenderung dapat tahan lebih lama jika dibandingkan dengan seblak basah yang hanya bertahan beberapa jam saja. Nah, di sini ceker juga bisa dibuat menjadi seblak kering lho. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  • Kue Basah Cenil

    Kue Basah Cenil

    Liputan6.com, Jakarta Kue basah, salah satu masakan tradisional khas Indonesia. Namun, kue basah ini sudah jarang ditemui, salah satunya kue basah cenil. Kue basah cenil memiliki tekstur yang kenyal. Dengan tiga warna yang dimilikinya, yaitu hijau, pink, dan kuning menjadikan kue basah cenil ini sangat menarik mata untuk mencobanya. Kue ini biasanya dimakankan dengan gula pasir yang dicocol. Ingin tahu cara membuat kue basah cenil ini? Berikut resep masakan Kue Basah Cenil:
  • Kroket Kentang Udang

    Kroket Kentang Udang

    KROKET adalah panganan dari kentang yang dilembutkan dan biasa diisi dengan sayuran atau daging. Makanan yang satu ini lezat untuk menjadi camilan dengan dicocol saos sambal atau pun disantap dengan cabai. Banyak variasi kroket dengan segala macam isiannya. Salah satunya adalah kroket kentang udang. Cara membuatnya yang mudah, membuat makanan yang satu ini enak untuk menjadi camilan dengan ditemani secangkir teh atau kopi dan disantap bersama keluarga saat bersantai. Berikut resep membuat kroket kentang udang untuk sarapan pagi seperti dikutip dari akun Instagram @berbagiresep.
FirstPrev12345NextLast
Submit Recipe
Kalender Promosi
CAKUPAN MEDIA
Kompas
Detikcom
Liputan6
Tempo
OkeZone
KabarBisnis
TeknoJurnal
GoodNewsFromIndonesia
WartaKotaLive
TDWClub
IndonesiaKreatif
DailySocial
TheJakartaPost
BisnisIndonesia
Bloomberg
Reuters
CrackBerry
Yahoo
CBSMoneyWatch
MarketWatch
AFP
AboutDotCom
CentroOne
DreamersRadio